Selasa, 08 Mei 2012

KUIS 10 - TEORI ORGANISASI UMUM 2

Kuis minggu ke 10
Jelaskan dengan terperinci :
1.     Apa yang dimaksud dengan pendapatan nasional ?
2.     Komponen apa saja yang ada di dalam pendapatan nasional ?
3.     Jelaskan teknis perhitungan pendapatan nasional ?
4.     Jelaskan masalah yang uncul dalam perhitungan pendapatan nasional ?
5.     Jelaskan keterbatasan perhitungan dari Pendapatan nasional ?
JAWAB
1.     Jumlah pendapatan yang diterima oleh seluruh rumah tangga keluarga (RTK) di suatu Negara dari penyerahan factor-faktor produksi dalam satu periode, biasanya selama satu tahun.
2.      Komponen-komponennya :
·        Produk Domestik Bruto (GDP)
·        Produk Nasional Bruto (GNP)
·        Pendapatan Nasional Neto (NNI)
·        Pendapatan Perseorangan (PI)
·        Pendapatan yang siap di belanjakan (DI)
3.     Dapat dihitung denga 3 pendekatan, yaitu:
·        Pendekatan pendapatan yaitu cara menjumlahkan seluruh pendapatan (upah, sewa, bunga dan laba) yang diteriman rumah tangga konsumsi dalam suatu Negara selama satu periode tertentu.
·        Pendekatan produksi adalah dengan cara menjumlahkan nilai seluruh produk yang dihasilkan suatu Negara dari bidang industry, agraris, ekstratif, jasa, dan niaga selama satu periode tertentu.
·        Pendekatan pengeluaran adalah dengan cara menghitung jumlah seluruh pengeluaran untuk membeli barang dan jas yang diproduksi dalam suatu Negara selama satu periode tertentu.
4.     Masalah PDB yaitu terletak pada pembandingan tingkat kemakmuran atau kesejahteraan suatu Negara dari tahun ke tahun, akan terjadi biasa jika kita salah menggunakan perhitungan PDB.
5.     PDB tidak memasukan transaksi yang terjadi pada “underground economy” (perekonomian bawah tanah). Perekonomian seperti sector informal atau sector illegal seperti penjualan narkoba, dam dan sector lain yang sulit tercatat oleh Negara tidak masuk dalam perhitungan PDB. Menyebabkan nilai PDB cenderung dapat undervalued (lebih rendah) dari yang seharusnya. PDB tidak selalu mencerminkan ukuran kesejahteraan social suatu Negara dan bagaimana struktur serta perkembangannya anatr waktu. Untuk mengukur kemakmuran suatu Negara, PDB merupakan indicator yang cukup baik. Akan tetapi, kesejahteraan suatu Negara lebih kompleks dari hanya sekedar pendapatan yang tinggi. Beberapa indicator untuk menunjukan tingkat kesejahteraan adalah tingkat pengangguran, tingkat kematian ibu an bayi, angka harapan hidup, tingkat buta huruf, dan lain-lain perlu diperhatikan juga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar