Selasa, 08 Mei 2012

KUIS 3 - TEORI ORGANISASI UMUM 2

Materi Perilaku konsumen
Soal :
1.   Apa yang dimaksud dengan perilaku konsumen ?
2.   Mengapa perilaku konsumen perlu di kaji lebih mendalam oleh sebuah perusahaan atau industry ?
3.   Jelaskan pendekatan yang dapat digunakan dalam analisa perilaku konsumen ?
4.   Faktor apa yang menentukan perilaku konsumen ?
5.   Bagaimana menyikapi masalah perilaku konsumen ?




JAWAB
1.   Proses  dan  aktivitas  ketika  seseorang  berhubungan  dengan  pencarian, pemilihan, pembelian, penggunaan,  serta  pengevaluasian  produk  dan  jasa  demi  memenuhi  kebutuhan  dan  keinginan.
2.   Untuk  mendesain  bauran  pemasaran,  mensegmen  pasar  bisnis,  memposisikan  dan  mendeferensiasikan  produk,  melaksanakan  analisis  lingkungan,  mengembangkan  studi  riset  pasar
3.   Pendekatan  Pertama  => pendekatan  interpretif.  Pendekatan  ini  menggali  secara  mendalam  perilaku  konsumsi  dan  hal  yang  mendasarinya.

Pendekatan  Kedua  =>  pendekatan  tradisional  dan  metode  dari ilmu  psikologi  kognitif,  social,  dan  behaviorial  serta  dari  ilmu  sosiologi.  Bertujuan  mengembangkan  teori  dan  metode  untuk  menjelaskan  perilaku  dan  pembuatan  keputusan  konsumen.

Pendekatan  Ketiga  =>  disebut  sains  marketing dan ilmu  dari  ekonomi  dan  statistika.  Pendekatan  dilakukan  dengan  cara  mengembangkan  dan  menguji  coba  model  matematika  berdasarkan  hirarki  kebuthan  manusia.

4.   Faktor  Sosial  :  grup, pengaruh  keluarga, peran  dan  status
Faktor  Personal  :  situasi  ekonomi, gaya hidup, kepribadian  dan  konsep  diri, umur  dan  siklus  hidup, pekerjaan.
Faktor  Psikologi  :  motivasi, persepsi, pembelajaran, beliefs  dan  attitude
Faktor  Kebudayaan  :  subkultur  dan  kelas  social

5.   Sebaiknya  konsumen  tidak  mudah  terpengaruh  atas  keinginan  sesaat, telitilah  sebelum  membeli, apakah  barang  yang  kita  beli  termasuk  kebutuhan  atau  hanya  keinginan  dan  apakah  dapat bermanfaat  untuk  kita. Selain  itu  kurangi  pembelian  barang  yang  kurang  perlu  untuk  mengurangi  pengeluaran  dan  mencegah  kita  menjadi  konsumen  yang  konsumtif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar