Materi Perilaku konsumen
Soal :
1. Apa yang dimaksud dengan perilaku konsumen ?
2. Mengapa perilaku konsumen perlu di kaji lebih mendalam oleh sebuah perusahaan atau industry ?
3. Jelaskan pendekatan yang dapat digunakan dalam analisa perilaku konsumen ?
4. Faktor apa yang menentukan perilaku konsumen ?
JAWAB
1. Proses
dan aktivitas ketika seseorang berhubungan dengan pencarian,
pemilihan, pembelian, penggunaan, serta pengevaluasian produk dan
jasa demi memenuhi kebutuhan dan keinginan.
2. Untuk
mendesain bauran pemasaran, mensegmen pasar bisnis, memposisikan
dan mendeferensiasikan produk, melaksanakan analisis lingkungan,
mengembangkan studi riset pasar
3. Pendekatan
Pertama => pendekatan interpretif. Pendekatan ini menggali
secara mendalam perilaku konsumsi dan hal yang mendasarinya.
Pendekatan
Kedua => pendekatan tradisional dan metode dari ilmu
psikologi kognitif, social, dan behaviorial serta dari ilmu
sosiologi. Bertujuan mengembangkan teori dan metode untuk
menjelaskan perilaku dan pembuatan keputusan konsumen.
Pendekatan
Ketiga => disebut sains marketing dan ilmu dari ekonomi dan
statistika. Pendekatan dilakukan dengan cara mengembangkan dan
menguji coba model matematika berdasarkan hirarki kebuthan
manusia.
4. Faktor Sosial : grup, pengaruh keluarga, peran dan status
Faktor Personal : situasi ekonomi, gaya hidup, kepribadian dan konsep diri, umur dan siklus hidup, pekerjaan.
Faktor Psikologi : motivasi, persepsi, pembelajaran, beliefs dan attitude
Faktor Kebudayaan : subkultur dan kelas social
Tidak ada komentar:
Posting Komentar