Selasa, 08 Mei 2012

KUIS 7 - TEORI ORGANISASI UMUM 2

Kuis minggu ke 7
Jelaskan dengan terperinci :
1.     Apa yang dimaksud dengan penerimaan ?
2.     Apa yang di maksud dengan marginal produk dan marginal revenue ?
3.     Jelaskan konsep perhitungan keuntungan berdasarkan pendekatan total, marginal dan rata – rata ?
4.     Bagaimana cara memaksimumkan keuntungan ?
5.     Buatlah contoh sederhana perhitungan keuntungan dengan pendekatan total, marginal dan rata – rata ?
JAWAB
1.     Semua penerimaan produsen dari hasil penjualan barang atau outputnya.
2.     – Marginal Produk =>  output tambahan yang dapat diproduksi dengan menggunakan satu unit input (misalnya, perbedaan output ketika suatu perusahaan penggunaan tenaga kerja menngkat 5-6 unit), dengan asumsi bahwa jumlah tidak ada masukan lainnya terhadap perubahan produksi.
-         Marginal Revenue => pendapatan tambahan yang akan dihasilkan dengan meningkatkan penjualan produk sebesar 1 unit.
3.     -  Pendekatan Total (Totality Approach) => pendekatan totalitas membandingkan pendapatan total (TR) dan biaya total (TC). Jika harga jual per unit output (P) dan jumlah unit output yang terjual (Q), maka TR = P.Q.
-         Pendekatan Marjinal (Marginal Approach) => dilakukan dengan membandingkan biaya margina (MC) dan pendapatan marginal (MR). Laba maksimum akan tercapaipada saat MR = MC.
-         Pendekatan Rata-rata (Average Approach) =>  pendekatan ini perhitungan laba per unit dilakukan dengan membandingkan antara biaya produksi rata-rata (AC) dengan harga jual output (P) kemudian laba total dihitung dari laba per unit dikali dengan jumlah ouput yang terjual.
4.     Keuntungan yang maksimum dicapai apabila perbedaan diantara hasil penjualan biaya produksi mencapai tingkat yang paling besar.
Masalah pokok yang harus dipecahkan produsen adalah :
·        Komposisi factor produksi yang bagaimana perlu digunakan untuk mecapai tingkat produksi yang tinggi. Sehingga perlu memperhatikan fungsi produksi, yaitu hubungan antara factor-faktor produksi dan tingkat produksi yang diciptakannya.
·        Komposisi factor produksi yang bagaimana meminimunkan biaya produksi yang dikeluarkan untuk mencapai suatu tingkat produksi tertentu.
Produsen perlu memperhatikan :
·        Besarnya pembayaran kepada factor produksi tambahan yang akan digunakan.
·        Besarnya pertambahan hasil penjualan yang diwujudkan oleh factor produksi yang ditambah tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar