Selasa, 08 Mei 2012

KUIS 9 - TEORI ORGANISASI UMUM 2

Kuis minggu ke 9
Jelaskan dengan terperinci :
1.     Apa yang dimaksud dengan pasar monooli dan monopolistis ?
2.     Apa yang membedakan pasar monopoli dan monopolistis ?  jelaskan dan berikan contoh ?
3.     Jelaskan bagaimana cara memperoleh keuntungan di pasar monopoli ? (gambarkan secara grafik)
4.     Jelaskan kebaikan dan kekurangan dari pasar monopoli ?
5.     Apa yang dimaksud dengan pasar oligopoly ?
JAWAB
1.     Pasar monopoli adalah pasar dimana hanya terdapat satu penjual yang menguasai pasar.
Pasar monopolistic adalah pasar di mana terdapat banyak produsen yang menghasilkan barang serupa tetapi memiliki perbedaan dalam beberapa aspek
2.     Yang membedakan kedua pasar itu adalah pasar monopilistis mempunyai banyak penjual, penjual memiliki kemampuan untuk mempengaruhi harga, tapi pengaruhnya tidak sebesar penjual dari pasar monopoli, sedangkan pasar monopoli hanya mempunyai satu penjual sehingga penjual itu memiliki pengaruh yang sangat besar dalam pasar monopoli.
3.     Keuntungannya yaitu keuntungan penjual cukup tinggi untuk produk yang menguasai hajat hidup orang, biasanya di atur pemerintah. Menguntungkan konsumen karena harga tidak dapat menentu.
4.     Kebaikannya yaitu penjualannya cukup tinggi, tidak dapat menentukan harga semuanya dan kelemahannya yaitu pembeli tidak ada pilihan lain untuk membeli barang keuntungan hanya terpusat pada satu perusahaan terjadi eksploitasi pembeli.
5.     Pasar oligopoly adalah di mana penawaran satu jenis barang dikuasai oleh beberapa perusahaan. Umumnya jumlah perusahaan lebih dari dua tetapi kurang dari sepuluh. Setiap perusahaan memposisikan dirinya sebagai bagian yang terikat dengan permainan pasar, dimana keuntungannya yang mereka dapatkan tergantung dari tindak-tanduk pesaing mereka. Sehingga semua usaha promosi,iklan,dll dilakukan untuk menjauhkan konsumen dari pesaing mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar