Struktur Pasar
Struktur pasar merupakan penggolongan pasar berdasarkan strukturnya. Dibagi kedalam beberapa bagian yaitu:
A.Pasar
Persaingan Sempurna yaitu Jenis pasar dengan jumlah penjual dan pembeli
yang banyak dan produk yang dijual bersifat homogen.
Jumlah
output yang diproduksi perusahaan agar mencapai laba maksimal adalah
pada saat MR=MC. Ekstrim pertama, perusahaan berada dalam pasar
persaingan sempurna (perfect competition), dimana jumlah perusahaan
begitu banyak dan kemampuan setiap perusahaan sangat kecil untuk
mempengaruhi harga pasar. Ekstrim kedua adalah perusahaanhanya satu
±satunya produsen (monopoli).
Kondisi
ekstrim tersebut jarang sekali terjadi, umumnya dua kondisi peralihan
antara ekstrim persaingan sempurna dan monopoli. Kondisi pertama
adalah perusahaan bersaing, tetapi masing ±masing mempunyai daya
monopoli (terbatas), disebut persaingan monopolistic
(monopolistic competition). Kedua adalah dalam pasar hanya ada beberapa
produsenyang jika bekerja sama mampu menghasilkan daya monopoli
dikenalsebagai oligopoli (oligopoly ).
Karakteristik Pasar Persaingan Sempurna
a.Semua perusahaan memproduksi barang yang homogen
b.Produsen dan konsumen memiliki pengetahuan sempurna
c.Output sebuah perusahaan relatif kecil dibanding output pasar
d.Perusahaan menerima harga yang ditentukan pasar
e.Semua perusahaan bebas masuk dan keluar pasar
B.Pasar Persaingan tidak Sempurna yang terdiri atas:
a.Pasar Monopoli : Hanya terdapat satu penjual yang menguasai pasar.
b.Pasar Oligopoli :
Pasar di mana penawaran satu jenis barang dikuasai oleh beberapa
perusahaan. Umumnya jumlah perusahaan lebih dari dua tetapi kurang dari
sepuluh.
c.Pasar Duopoli : Memiliki karakteristik yang sama dengan oligopoli, namun pada Pasar duopoli hanya ada dua perusahaan.
d.Pasar Persaingan Monopolistik : Bentuk pasar di mana terdapat banyak produsen yang menghasilkan barang serupa tetapi memiliki perbedaan dalam beberapa aspek.
e.Pasar Monopsoni : Jenis pasar dimana hanya ada satu pembeli.
f.Pasar Oligopsoni : adalah
bentuk pasar dimana barang yang dihasilkan oleh beberapa perusahaan dan
banyak perusahaan yang bertindak sebagai konsumen.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar