Selasa, 08 Mei 2012

KUIS 8 - TEORI ORGANISASI UMUM 2

Kuis minggu ke 8
Jelaskan dengan terperinci :
1.     Apa yang dimaksud dengan pasar ?
2.     Jelaskan jenis dari pasar ?
3.     Apa yang dimaksud dengan pasar persaingan sempurna ?
4.     Bagaimana cara memaksimalkan keuntungan dalam pasar persaingan sempurna ?
5.     Sebutkan kebaikan dan kelemahan dari pasar persaingan sempurna ?
JAWAB
1.     Pasar adalah tempat bertemunya penjual dan pembeli barang dan jasa. Di pasar penjual dan pembeli akan melakukan transaksi, transaksi adalah kesepakatan dalam melakukan jual-beli, syaratnya ada barang yang diperjual belikan, ada pedagang, ada pembeli, ada kesepakatan harga barang, dan tidak ada paksaan dari pihak manapun.
2.     – Bentuk kegiatannya
·        Pasar nyata adalah pasar dimana barang-barang yg di perjual belikan dan dapat di beli oleh pembeli. Contoh pasar swalayan dan pasar tradisional
·        Pasar abstrak adalah dimana para pedagang menjual belikan barang tidak beli secara langsung menggunakan surat dagangannya saja. Contoh pasar online, pasar saham, pasar modal.
-         Cara transaksinya
·        Pasar tradisional adalah dimana para penjual dan pembeli dapat melakukan tawar menawar secara langsung, pasar tradisional menjual kebutuhan pokok.
·        Pasar modern adalah dimana harga barangnya tidak bisa di tawar dan dengan layanan sendiri. Contohnya mal, plaza,dll
-         Menurut keleluasaan distribusi
·        Pasar local
·        Pasar daerah
·        Pasar nasional
·        Pasar internasional
3.     Pasar dengan jumlah dan pembeli yang sangat banyak dan produknya bersifat homogeny.
4.     Dalama jangka panjang perusahaan dalam persaingan sempurna akan mendapat untung normal, dan untung normal ini dicapai apabila biaya produksi adalah yang paling minimum.
Dalam jangka panjang keadaan ini berlaku : harga = hasil penjualan marjinal = biaya marjinal. Kesamaan ini membuktikan bahwa pasar persaingan sempurna juga mencapai efisiensi alokatif.
5.     Kebaikan dan keburukan persaingan sempurna
·        Efisiensi Produktif
Syarat yang pertama, untuk setiap tingkat produksi, biaya yang di keluarkan adalah yang paling minimum.yang kedua, industry secara keseluruhan harus memproduksikan barang pada biaya rata-rata yang paling rendah, yaitu pada waktu kurva AC mencapai titik yang paling rendah.
·        Efisiensi Alokatif
Syarat berikut : harga setiap barang sama dengan biaya marjinal untuk memproduksikan barang tersebut. Produksi harus terus dilakukan sehingga tercapai keadaan dimana harga = biaya marjinal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar