Perilaku konsumen
adalah proses dan aktivitas
ketika seseorang berhubungan dengan pencarian, pemilihan, pembelian, penggunaan, serta pengevaluasian produk dan jasa demi memenuhi kebutuhan dan keinginan.[Perilaku
konsumen merupakan hal-hal yang mendasari
konsumen untuk membuat keputusan pembelian.Untuk barang berharga jual rendah (low-involvement) proses pengambilan keputusan dilakukan
dengan mudah,
sedangkan untuk barang berharga jual tinggi (high-involvement) proses
pengambilan keputusan dilakukan dengan pertimbangan yang matang.
Komunikasi dalam Perilaku Konsumen
Komunikasi pemasaran adalah aspek penting dalam keseluruhan misi
pemasaran serta penentu suksesnya pemasaran. Komunikasi pemasaran dapat
dipahami dengan menguraikan dua unsur pokoknya yaitu komunikasi dan pemasaran,
komunikasi adalah proses dimana pemikiran dan pemahaman disampaikan antar
individu, atau antar organisasi dengan individu. Pemasaran adalah sekumpulan
kegiatan dimana perusahaan dan organisasi lainnya mentranfer nilai-nilai
(pertukaran) antara mereka dengan pelanggannya. Sedangkan komunikasi pemasaran
mempresentasikan gabungan semua unsur dalam bauran pemasaran merek yang
memfasilitasi terjadinya pertukaran dengan menciptakan suatu arti yang
disebarluaskan kepada pelanggan atau kliennya.
Komunikasi
Persuasif
Manusia dan komunikasi merupakan satu
kesatuan. Komunikasi melekat pada diri manusia, sehingga we can not
communicate. Keberadaan komunikasi, karena begitu melekatnya pada diri manusia
sering tanpa disadari. Manusia cenderung beranggapan bahwa dirinya mempunyai
kemampuan dalam berkomunikasi. Akibatnya, masalah-masalah yang muncul yang
berkaitan dengan komunikasi, seringkali diselesaikan sendiri.Dalam mempelajari
komunikasi persuasif, memahami aspek filosofis komunikasi persuasif, sangat
ditekankan. Hal ini mengingat bahwa komunikasi persuasif, sebagaimana halnya
ilmu-ilmu yang lain, memiliki tiga aspek filosofis keilmuan, yaitu aspek
ontologi, aspek epistemologi, dan aspek aksiologi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar